Selasa, 15 Januari 2013

sejarah & pengertian microsoft excel 2010


Microsoft Excel 2010 merupakan salah satu produk dari Microsoft untuk membuataplikasi Spreadsheet. Aplikasi Microsoft Excel sudah sangat dikenal oleh masyarakat.Dalam pembuatan aplikasi spreadsheet, Microsoft Excel 2010 terkenal dengankemudahan dan keandalannya. Berbagai fasilitas disediakan untuk melakukanpengembangan aplikasi. Salah satu fasilitas penting yang dimiliki oleh Microsoft Exceladalah VBA (Visual Basic for Application). Melalui buku ini dibahas tentangpenggunaan pemrograman VBA Macro pada Microsoft Excel 2010. Pembahasanselengkapnya dimulai dengan pengenalan Microsoft Excel 2010, pembuatan Macro,variabel, tipe data, konstanta, array, percabangan, perulangan, prosedur sub, fungsi,antarmuka pengguna, objek model Excel, bekerja dengan data, tabel pivot, dan grafik.Semua pembahasan dilakukan dengan sederhana dan mudah dipahami oleh parapembaca. Selain itu disertakan contoh pembuatan aplikasi sehingga memudahkanpembaca dalam proses belajar. Semoga buku ini dapat menambah wawasan pembacadalam penggunaan pemrograman VBA Macro pada Microsoft Excel 2010.
Sejarah dan pengembanganPembangunan dimulai pada tahun 2007 sementara Microsoft sedang menyelesaikanpekerjaan pada Office 12, dirilis sebagai Microsoft Office 2007. Nomor versi 13 itu diabaikan karena keengganan untuk angka 13 [12] Ini diperkirakan sebelumnya bahwaOffice 2010 (kemudian disebut Kantor 14) akan mengirimkan pada semester pertamatahun 2009.
Manfaat dari Microsoft Excel 2010
Perubahan adalah satu-satunya hal yang konstan. Dengan kemajuan teknologi hari demihari, masing-masing dan setiap teknologi yang kita gunakan kebutuhan mengupgreade.Microsoft Excel adalah salah satu perangkat lunak utama yang membentuk tulangpunggung kantor pemeliharaan data. Dengan Microsoft Excel 2010 baru tersedia satuharus melihat manfaat dan utilitas yang diperlukan oleh individu tertentu.Kebutuhan dan manfaat dari upgrade ke Microsoft Excel 2010 dan isu-isu yang dapatmuncul di upgrade, dibahas di sini:* Kebutuhan dan manfaat dari upgrade ke MS Excel 2010* Masalah yang dapat muncul di upgrade atau pasca upgrade* MS Excel 2010Kebutuhan dan manfaat dari upgrade ke MS Excel 2010Dua versi MS EXCEL tersedia adalah Standar dan Profesional. Sebagian besar manajerproyek atau orang dengan persyaratan pekerjaan yang sama dapat menggunakan versiprofesional yang dicapai dengan fitur-fitur inovatif dan berguna baru.Tool bar baru pita adalah fitur yang paling menarik. Versi terbaru juga termasuk built-intool screen capture, mode di mana dokumen Anda dapat dilindungi, seni baru template,sebuah belakang panggung melihat dengan semua aplikasi, alat removal latar belakang,gaya huruf, opsi pengeditan baru untuk teks dan gambar , fungsi kolaborasi hidup,animasi tambahan di PowerPoint.Panel navigasi yang baru tidak diragukan lagi perubahan yang paling mencolok yangterjadi ke Excel. Hal ini mencakup fitur-fitur sebagai peta dokumen, thumbnail, tampilanoutline dan menemukan dialog semua dalam satu pane. Ini panel navigasi akanmenampilkan semua judul dalam dokumen untuk melihat lebih cepat. Hal ini dengangrafik pivot lebih baik, format kondisional, dan baru visualisasi data melalui Sparklinesdan slicers.
Rumus dan Fungsi pada Microsoft Excel 2010 :
Fungsi adalah rumus yang sudah siap pakai yang digunakan sebgai alat perhitungan. Fungsi yang disediakan Excel 2010 dikelompokkan menjadi beberapa kelompok fungsi diantaranya adalah kelompok fungsi keuangan, matematika, statistika, logika, teks, database dan lainnya. Fungsi dapat diketik secara manual atau menggunakan Faste Function.
Fungsi yang sering digunakandi excel adalah :
RUMUS KETERANGAN
SUM Penjumlahan suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus =SUM(range data)
AVERAGE Mencari nilai rata-rata dari suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus= AVERAGE (range data)
MAX Mencari nilai tertinggi dari suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus= MAX (range data)
MIN Mencari nilai terendah dari suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus =MIN(range data)
COUNT Mencari jumlah data pada range tertentu. Bentuk rumus =COUNT(range data)
VLOOKUP Pembacaan tabel secara vertikal
HLOOKUP Pembacaan tabel secara horizontal
IF Fungsi logika
AND Logika yang bernilai benar jika semua syarat terpenuhi
OR Logika yang bernilai benar jika minimal salah satu syarat terpenuhi
LEFT Mengambil data dari kiri
RIGHT Mengambil data dari kanan
MID Mengambil data di tengah
Apabila Anda ingin menggunakan operator logika, biasanya diperlukan ekspresi atau pernyataan logika. Ekspresi logika yang umumnya dipakai adalah :
=       sama dengan               <=     lebih kecil atau sama dengan
<       lebih kecil dari              >=     lebih besar atau sama dengan
>       lebih besar dari            <>     tidak sama dengan

1 komentar:

  1. lha, kalo microsoft office itu d rilis mulai 2007, knp ada microsoft office 2003?

    BalasHapus