Selasa, 25 September 2012

PERKEMBANGAN HTML



Perkembangan HTML

Hingga kini, HTML telah mencapai versi 4.01 yang telah kita kenal dan telah kita pakai terlepas kita tahu cara pendayagunaannya atau tidak. Sebelum suatu HTML di sahkan sebagai suatu dokumen HTML standar, ia harus di setujui dulu oleh W3C untuk di evaluasi secara ketat. Dengan demikian, setiap terjadi perkembangan level, HTML memiliki suatu kelebihan yang baru dalam hal penampilannya ketimbang versi-versi sebelumnya. Jika ada buf pada perintah-perintah tertentu dapat di hindari.

Setiap terjadi perkembangan suatu versi HTML, maka mau tak mau browser pun harus memperbaiki diri agar bisa mendukung kode-kode HTML yang baru tersebut. Sebab jika tidak, browser tidak akan bisa menampilkan HTML tersebut. HTML itu sediri awalnya dari bahasa SGML (Standard Generalized MarUp Language), yang sudah di gunakan sejak dulu untuk memformat dokumen agar bersifat portable. Tata cara penulisan HTML merupakan penyederhanaan SGML.
HTML versi 1.0
HTML versi 1.0 merupaka HTML pionir yang didalamnya masih terdapat banyak sekali kelemahan hingga wajar jika tampilan yang di hasilkan sangat sederhana. Kemampuan yang dimiliki versi 1.0 ini antara lain Heading, paragraph, hypertext, list, serta certak tebal dan miring pada text. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan meletakkan teks di sekelilingnya (wraping).
HTML versi 2.0
HTML versi ini, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuanya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran dan kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya web interaktif.
HTML versi 3.0
Versi HTML 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti figure yang merupakan perkembangan Image untuk meletakkan gambar dan table. Selain itu, HTML versi ini juga mendukung adanya rumus-rumus matematika dalam dokumennya. Versi ini yang juga di sebut HTML+- tidak bertahan lama dan segera di gantikan dengan versi 3.2
HTML versi 3.2
HTML versi ini merupakan HTML yang sering kita gunakan saat ini. Didalamnya terdapat suatu teknologi untuk meletakkan teks di sekeliling gambar, gambar sebagai latar belakang, table, frame, style sheet dan lain-lain. Selain itu pada HTML versi ini kita bisa menggunakan script di luar HTML untuk mendukung kinerja HTML kita tersebut, seperti javascript, VBscript dan lain-lain.
HTML versi 4.0
HTML ini memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari pendahulunya yaitu HTML versi 3.2. perubahan ini hampir terjadi di segala perintah HTML seperti table, image, link, teks,meta, imagemaps,form dan lain-lain.
HTML versi 4.01
Ini adalah versi terakhir dari HTML. HTML 4.01 merupakan revisi dari HTML 4.0. versi terbaru ini memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil (minor errors) pada versi terdahulunya. HTML versi ini juga menjadi standardisasi untuk elemen dan atribut dari script XHTML 1.0.

sumber :
http://syakir-berbagiilmu.blogspot.com/2012/02/perkembangan-html.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar